Hindari Kebiasaan Yang Bisa Merusak mata Saat Di Pantai

Pantai, salah satu tempat wisata yang banyak di gandrungi. Pantai? Siapa sih yang tak mengenal tempat itu? Hamparan Pasir putih nya yang indah, panorama alam nya yang memukau, desiran ombak yang membuat hati terasa lebih tenang, hamparan air laut yang luas tak bisa membuat mata teralihkan dari ke indahannya. Tetapi tahukah anda ternyata ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat berlibur di pantai, terutama berkaitan erat dengan kesehatan Mata? Yaps, di bawah ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda.

Hindari Kebiasaan Yang Bisa Merusak mata Saat Di Pantai

kebiasaan di pantai

Hindari kebiasaan yang bisa merusak Mata saai di pantai , Bagi Anda yang suka berlibur ke pantai atau daerah yang disinari banyak cahaya matahari, Anda disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan mata. Paparan sinar matahari yang berlebihan pada mata dapat menyebabkan kerusakan ringan atau bahkan serius pada mata. Berikut adalah enam kebiasaan buruk yang dapat merusak mata ketika Anda berlibur ke pantai.

1. Memakai kacamata hitam murah

“Kacamata murah tidak bisa menghalangi sinar UVA dan UVB, itu sama saja dengan Anda tidak memakai kacamata sama sekali,” ungkap Melissa Barnett, seorang dokter mata dari California Optometric Association.

Barnett merekomendasikan kacamata yang dapat memblokir radiasi UVA dan UVB hingga 99-100 persen dan menyaring 75 sampai 90 persen dari cahaya matahari.

2. Tidak memakai kacamata hitam saat mendung

Paparan sinar matahari tetap dapat merusak mata Anda, sekalipun ketika cuaca sedang mendung. Maka, Anda pun disarankan untuk menghindari sinar matahari di pagi hari (pukul 08.00-10.00) dan sore hari (pukul 02.00-16.00).

3. Berpikir bahwa topi bisa melindungi mata

Topi bisa melindungi telinga, leher, dan wajah dari sinar UV, tetapi tidak pada mata. Anda tetap membutuhkan kacamata hitam berkualitas baik untuk menahan radiasi sinar UV.

4. Memakai lensa kontak ketika berenang

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan infeksi kornea dan kehilangan penglihatan. Sebelum berenang di pantai, lindungi mata Anda dengan terlebih dulu melepas lensa kontak Anda dan menggantinya dengan kacamata berenang.

5. Membuka mata di bawah air

Tidak ada air laut yang benar-benar steril. Sebaliknya, membuka mata di bawah air dapat menyebabkan pembengkakan kornea dan penglihatan kabur (sementara). Pakailah kacamata berenang saat Anda menyelam di laut.

6. Menggosok mata ketika terkena pasir pantai

Pasir pantai yang masuk ke mata dapat menyebabkan abrasi kornea (goresan pada lapisan luar pelindung mata). Menggosok mada dapat membuat kerusakan menjadi lebih parah. Jika itu terjadi pada Anda, segera cuci mata dengan air bersih dan berkediplah beberapa kali. Jika mata masih terasa berpasir setelah satu jam atau lebih, hubungi dokter mata untuk mengobatinya. (merdeka.com)

Nah, sayangkah anda pada mata anda? Hindari hal-hal di atas yang bisa membuat mata anda bermasalah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s